Minggu, 08 April 2018

KONTRAK MENYAMPAIKAN PROSES BANGUNAN


Administrasi kontrak konstruksi adalah salah satu aspek yang paling berharga dan berpotensi paling memakan waktu dari layanan jasa arsitek selama proses pembangunan. Setelah perencanaan dan penyerahan dokumen konstruksi kepada kontraktor yang dipilih, arsitek harus tetap terlibat untuk membantu mengawasi konstruksi, memastikan niat desain diikuti, bahan yang tepat digunakan, dan kunjungan lapangan dilakukan.

Meskipun kontraktor umum bertanggung jawab untuk membangun sesuai dengan dokumen dan spesifikasi konstruksi,   arsitek bertanggung jawab untuk melihat bahwa pendekatan dan jadwal kontraktor sesuai dan dilaksanakan sesuai dengan kontrak.

Penting bagi pemilik untuk memahami bahwa arsitek kemungkinan akan menghabiskan banyak waktu untuk bekerja dengan semua yang terlibat dalam proyek setelah proses desain selesai. Arsitek akan merekomendasikan dan menghadiri sejumlah kunjungan ke lokasi pembangunan selama konstruksi, dan kali ini akan tercermin dalam biaya untuk layanan arsitektur. Arsitek akan menyelesaikan laporan kemajuan berdasarkan pemeriksaan lokasi dan analisis kemajuan serta menit pertemuan kerja, akan dibagikan dengan semua pihak yang terlibat selama konstruksi.


Sebagai pembangun akan memberitahu Anda, tantangan hampir selalu muncul selama proses pembangunan. Tantangan-tantangan ini dapat mencakup masalah penjadwalan, mengidentifikasi subkontraktor yang cakap, atau kondisi situs yang tidak terduga. Penting bahwa pemilik, kontraktor umum, dan arsitek bekerja sama secara efektif dalam upaya mengantisipasi dan mengelola masalah dengan cepat, tetap sesuai jadwal, dan menghindari pesanan perubahan. Kadang-kadang salah tafsir maksud desain, penggunaan bahan yang lebih murah, tidak spesifik, atau metodologi konstruksi yang salah dapat terjadi dan tidak diketahui semula, sehingga mengakibatkan perubahan pesanan atau keterlambatan karena pelanggaran kode bangunan. Ini bisa sangat umum ketika pemiliknya tidak terbiasa dengan prosedur pembangunan yang tepat.

Waktu adalah sumber daya kita yang paling berharga, dan penundaan dalam proses pembangunan dapat mengakibatkan jam terbuang yang seharusnya dihabiskan untuk menghasilkan bisnis bagi pemiliknya. Sayangnya, terkadang pemilik dan profesional konstruksi gagal melihat nilai dalam layanan administrasi kontrak arsitektur atau konstruksi sampai mereka terlibat dengan proyek pembangunan yang gagal yang menghabiskan waktu dan uang bagi pemiliknya. Seorang jasa arsitek murah berpengalaman dapat memberikan kepada klien keahlian yang tak ternilai dari administrasi kontrak konstruksi, yang, tergantung pada ukuran dan kompleksitas proyek dan tingkat pengalaman pemilik dengan konstruksi, dapat menghabiskan banyak waktu. Untuk membantu memastikan bahwa proyek berjalan dengan lancar, disarankan agar pemilik memilih arsitek dan kontraktor berpengalaman yang memiliki rekam jejak yang terbukti dari pendekatan kolaboratif pada proyek yang serupa dengan proyek mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar